Sabar

Seringkali gue berpikir, seberapa besarkah pengaruh didik-an orang tua dan keluarga mempengaruhi kehidupan hidup seseorang dimasa depannya….jawabannya: benar-benar besar sekali! tanggung jawab dan peran orang tua dalam membesarkan anak benar-benar memegang peranan vital atas terbentuknya sikap dan sifat seorang individual di masa depannya…


Bagaimana kehidupan dan didikan kita dibesarkan semenjak kecil benar-benar membantu seseorang untuk menjadi dan memiliki pribadi yang kuat, atau lemah, dalam kehidupan masa dewasa kita. Hal ini sangat ber-impact besar terutama saat berumah tangga… hal ini benar-benar terasa bagaimana pasangan hidup kita bersikap, berinteraksi, bertanggung jawab dalam kehidupannya…

sabar… itulah yang harus selalu gue miliki dalam menghadapi sifat dan sikap seseorang yang notabene harusnya menjadi yang sangat penting dalam kehidupan gue…. dan sikap Sabar adalah kunci seorang wanita menghadapi kehidupan yang sudah dipilihnya untuk dapat selamat dalam mengarungi kehidupan yang mandiri lepas dari orang tua….

sabar… harus terus kumiliki jika jalan hidupku ini ingin tetap aku pilih….

aku seharusnya menjadi seorang co-pilot dalam kapalku… tapi kapten pilotku seringkali membuatku terpaksa menentukan arah dan altitude penerbangan kapalku…. seringkali kapalku terhempas… terbawa angin…. bak negara yang tidak punya UUD… aku harus tetap sabar…

seorang kapten nakhoda yang tidak pernah mendapatkan training khusus yang mendalam, apalagi jika tidak punya basic yang kuat dalam ilmu pelayarannya akan mudah memiliki kapal yang karam…

seringkali aku berpikir ingin aku menaiki kapal yang lebih kecil dan ku-nakhodai sendiri saja… terlalu berat aku rasakan walau berdua tapi beban tanggung jawabku lebih berat…. lebih baik sendiri tapi mudah kujalani…

mungkin ini adalah one of those bad days… hhmm.. we’ll see….

semoga bulan puasa ini gue lebih sabar dan lebih banyak pahala yang gue raih dengan bersabar…

amiiinn…

Leave a Reply

