KELUHAN kepada PT. PAM LYONNAISE JAYA

**malam ini gue diberikan nyokap tagihan dari PT. PAM (again !!!!!) untuk (sekali lagi dan lagi) diurus kepada perusahaan air minum Indonesia ini… hugh sebelnya amit2!!! karena gue udah complaint dan bahkan udah kirim surat kepada PT. PAM tapi kok kayaknya ama mereka engga di follow up atau apa sih ya!! gue mau ngamuk deh! udah berkali-kali ngurusin masalah ini kok ya ga pernah beres… bahkan petugas yang datang ke rumah juga sampe jutek ama perusahaan tempat mereka bekerja… semoga gue posting di Blog ini ada yang baca dari PT. PAM… 
Jakarta, 28 Agustus 2008

Kepada:
PT. PAM LYONNAISE JAYA
Jl. Kerinci Raya no. 22
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120

&

PT. PAM LYONNAISE JAYA
Jl. Dharmawangsa Raya no. 4
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

Kami adalah pelanggan PT. PAM dengan nomer rekening 000303284 ingin menyampaikan respon kami terhadap tagihan yang dari sejak bulan Maret 2008 memiliki outstanding melebihi dari nilai normalnya tagihan kami. Pada surat tagihan terlampir, tertera bahwa kami diwajibkan membayar tagihan sebesar Rp. 2.236.495.

Pada bulan April 2008, ayah saya telah mengurus perihal tagihan ini kepada PT. PAM dengan mendatangi kantor PAM dan juga mendatangkan petugas PAM ke rumah untuk mencek “keanehan” dari tagihan yang tiba-tiba menaik secara drastis ini. Petugas PAM yang datang pun telah menyatakan bahwa tidak ada tanda-tanda pemakaian yang sangat tinggi dikarenakan air PAM pun tidak keluar sama sekali. Lalu ayah saya menulis surat kepada PT. PAM sebagai pernyataan untuk complaint dan tidak mau membayar tagihan air yang airnya pun tidak ada yang kami pakai.

Berjalan dengan waktu, tagihan tetap datang dan PT. PAM mengirimkan lagi tagihan kepada kami. Dan pada bulan Mei, untuk kedua kalinya, petugas kembali datang untuk mengecek masalah air PAM ini. Hasil dan kesimpulannya pun sama, bahwa tidak ada kemungkinan air yang rumah kami pakai melonjak hingga tagihannya menjadi sangat tinggi.

Lalu ayah saya meninggal dunia karena stroke pada awal bulan Juni 2008. Sehingga saya dan adik saya datang ke kantor PAM Dharmawangsa untuk mengurus masalah ini pada akhir Juni. Di kantor tersebut kami bertemu dengan petugas yang cukup baik dan sangat membantu kami bernama ibu Kiki. Beliau mencek dari komputer balance tagihan pertiap bulan dari akhir tahun 2007 hingga 2008 untuk melihat apakah ada keanehan atau tagihan itu normal. Hasilnya memang menurut petugas PAM tersebut ada keanehan dalam tagihan meteran air. Sehingga kembali lagi, kami dikirimkan petugas PAM untuk mencek kembali tentang masalah ini. Petugas air PAM yang ketiga datang kerumah pun menyatakan adanya kemungkinan kesalahan dalam tagihan tersebut. Lalu kami kembali disarankan untuk menulis surat.

Baru dua minggu setelah petugas tersebut datang kerumah, pada bulan Juli 2008, saya kembali menerima tagihan dari PAM perihal tunggakan yang masalahnya tetap tidak terselesaikan. Lalu saya menelpon ke kantor PAM dan berbicara dengan ibu Ratna yang juga sangat membantu saya dalam membicarakan urusan ini. Setelah saya menceritakan kronologis dari permasalahan tagihan air di rumah kami ini, beliau meminta saya untuk mencek meteran PAM yang ada di rumah. Lalu saya diminta untuk membacakan angka dari meteran air tersebut. Ternyata masalahnya menjadi jelas. Kami berkesimpulan bahwa besar kemungkinan PETUGAS PAM yang pertama datang ke rumah untuk mencek meteran SALAH MEMBACA METERAN air PAM kami dirumah. Dengan dibantu ibu Ratna lewat telepon, saya mengetahui bahwa meteran air yang tertera dirumah kami adalah 000039 m3. Namun menurut ibu Ratna, catatan yang tertera di kantor PAM untuk rumah kami ditulis 000309 m3.

Kami mohon bantuan dari PT. PAM untuk membantu kami menyelesaikan masalah tagihan yang menurut kami tidak wajar jumlahnya. Kami juga menyertakan foto meteran yang saya ambil sebagai bukti angka meteran yang tertera di rumah kami. Kami harap masalah ini dapat terselesaikan dengan baik, dan seperti amanat almarhum ayah, kami tidak bisa membayar tagihan dari apa yang tidak kami pakai. Harap maklum.

Terima kasih,

Rizky Fitria Hakim (Kiki)

**Dibawah ini saya lampirkan foto-foto meteran air PAM di rumah kami



nah tuh.. PT. PAM tolong ya jangan nyusahin orang…. please upgrade your customer service!

Leave a Reply

